Bedanya MotoGP dulu sama Sekarang..

Dari namanya udah jelas beda :D, dulu GP500 sekarang MotoGP. Tapi selain itu juga ada banyak yang berubah dari MotoGP yang sudah berjalan 67 tahun (dihitung sama musim 2015). Mau tau? berikut ini ulasannya.

1. START

Backup_of_start vss

Para membalap 70an kebawah mesti mendorong motor untuk memulai balapan, mulai sudah tidak ada sejak tahun 1987 dengan alasan keselamatan. Bisa dibayangkan kalau sekarang masih dorong motor saat start.

2. SIRKUIT

This slideshow requires JavaScript.

Karena pada waktu dulu keselamatan tidak terlalu diperhatikan, sikruit jalanan juga sempat menjadi penyelenggara MotoGP, kalau sekarang sudah pasti tidak boleh.

Era 80an juga selalu ada tumbukan jerami sebagai penghias dan keselamatan, baik yang dibungkus maupun tidak. Sekarang sudah diganti dengan busa-busa yang diberi label sponsor sebagai penghias dan keselamatan sirkuit juga,

Dulu juga ada jalan yang bergelombang yang memungkinkan pembalap terbang seperti menonton motocross. Kalau sekarang sudah jarang ditemui.

3. MOTOR DAN PAKAIAN BALAP

Motor sama pakaiannya bisa dibilang terbagi tiga generasi yaitu:

Era permulaan (1949-1960an):

gp g1

Para pembalap masih menggunakan helm separuh wajah atau half face, untuk melindungi mata mereka menggunakan kacamata yang sepertinya kacamata khusus pada saat itu. Kalau untuk pakaian balap, semuanya tampak seragam mengenakan jaket kulit warna hitam. Motor umumnya masih terlihat mesinnya seperti motor jalanan tanpa fairing, begitu ditutup jadi nampak begitu besar tapi lama-kelamaan meramping. Pada Era ini masih pabrikan-pabrikan Eropa yang menguasai MotoGP saat itu.

Era pertengahan (1970an-2000an):

gp g2

Pada era ini, pembalap sudah menggunakan helm full face bulat menutupi seluruh wajah, pakaian balap juga sudah dipenuhi para sponsor tapi tampak lebih tipis dari era MotoGP sekarang. Motor era ini sudah tertutup mesinnya, pabrikan jepang mulai menguasai, sudah nampak logo sponsor, serta ciri khasnya punya ekor yang cukup besar serta agak cenderung kotak.

Era Modern (2000an-sekarang):

Tanpa dijelaskan, sepertinya para penggemar MotoGP sudah mengerti dengan kondisi motor, pakaian balap dan atribut lain MotoGP saat ini kan :D.

Backup_of_evo gp1

Yahh.. cukup itu saja tulisan saya di liburan MotoGP ini… sampai jumpa pada bulan februari GPMania..

Sumber dan referensi : http://a-rahman-z.blogspot.com/2014/08/motogp-dulu-dan-sekarang.html

Leave a comment